Office : (0274) 4530527

Jl Besi Jangkang KM 1 (Ruko Pagar Batik), Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY
TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
You are here : Home/Leadership / TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

DESKRIPSI TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Training Komunikasi Interpersonal sangat penting karena keterampilan komunikasi yang efektif adalah kunci untuk membangun hubungan kerja yang positif, mengatasi konflik, dan meningkatkan kolaborasi di lingkungan profesional. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik tidak hanya mempengaruhi produktivitas tim, tetapi juga memengaruhi kepuasan pelanggan dan kesuksesan organisasi secara keseluruhan. Pelatihan ini membantu peserta untuk memahami dan mengembangkan keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal, serta keterampilan mendengarkan aktif, yang semuanya krusial untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

Pelatihan Interpersonal Communication Skills dirancang untuk memperkuat kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara efektif di berbagai situasi profesional. Program ini mencakup teknik-teknik komunikasi verbal dan non-verbal, serta keterampilan mendengarkan yang mendalam. Dengan metode pembelajaran yang interaktif, peserta akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan berbagai tipe individu, menangani konflik, dan membangun hubungan yang produktif. Pelatihan ini juga melibatkan studi kasus, role-playing, dan feedback langsung untuk memastikan peserta dapat menerapkan keterampilan yang dipelajari dalam situasi nyata.

TUJUAN TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

  1. Memahami proses komunikasi secara interpersonal
  2. Memahami hambatan komunikasi interpersonal
  3. Membangun komunikasi interpersonal secara efektif sehingga dapat menciptakan iklim kerja yang harmonis, sehat dan terbuka sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
  4. Mengembangkan keterampilan hubungan interpersonal dalam berhubungan dengan orang lain.
  5. Berkomunikasi dengan bijaksana dan persuasif, dengan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang-orang sepanjang waktu.
  6. Menyelesaikan konflik dan interaksi yang sulit dengan rekan/pelanggan dan orang lain secara profesional.

MATERI TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

  1. Konsep Interpersonal Skill
  • Pengertian Interpersonal Skill & communications; berkomunikasi sesuai dengan lawan bicara.
  • Formula komunikasi; SMCRE, pentingnya mengidentifikasi lawan bicara dan menyampaikan pesan yang tepat.
  • 3V dalam bekromunikasi: vocal, verbal, visual (body language).
  • Konsep & Proses Komunikasi Secara Umum
  • Intrapersonal & Interpersonal Communication Skill
  • Hambatan Proses Interpersonal Communication
  • Komunikasi dan Usaha Memahami Orang
  • Membangun Kepercayaan Dalam Proses Komunikasi Interpersonal
  • Komunikasi Interpersonal dan Kerjasama Kelompok
  1. Powerfull active listening:
  • Kemauan mendengarkan (volition)
  • Memperhatikan (attending).
  • Memahami (understanding): perbedaan persepsi, hambatan memahami, mengajukan pertanyaan yang tepat.
  • Mengingat (memory)
  • Memberi tanggapan (responding) dan umpan balik (feedback) yang tepat.
  1. Berkomunikasi secara lugas (assertiveness):
  • Relationship; dasar berkomunikasi adalah menjalin hubungan, bukan hanya jangka pendek namun harus jangka panjang.
  • Appreciation: menghargai lawan bicara dalam berkomunikasi.
  • Asking: mengajukan permintaan atau meminta sesuatu dengan lugas.
  • Self confidence: percaya diri untuk menunjang sukses berkomunikasi.
  • Advocacy: memberikan kritik, saran, pendapat secara lugas.
  • Pola Komunikasi Meningkatkan Hubungan – Pola Feedback
  • Interpersonal Communication dengan Pola Perilaku Assertive (Bersikap Tegas)
  1. Dinamika komunikasi dalam menghadapi konflik (menghadapi lawan bicara yang “sulit”, agresif atau menuntut):
  • Conflict management.
  • Mendengarkan keluhan atau tuntutan seseorang.
  • Mengatasi keluhan atau tuntutan seseorang secara win-win solution.
  1. Sesi Hipnoterapi
  2. Case Study dan praktek

PESERTA TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL

  • Manajer tim.
  • Pemimpin proyek.
  • HRD dan pengelola SDM.
  • Karyawan customer service.
  • Staf administrasi dan operasional.

INSTRUKTUR

Training Manager Development Program yang diselenggarakan, akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidang Pajak Migas : Instruktur yang mengajar pelatihan Manager Development Program ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Manager dan Leadership ini baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

JADWAL BERDIKLAT TRAINING 2025

Batch 1 : 6 – 7 Januari 2025 || 15 – 16 Januari 2025 || 22 – 23 Januari 2025 Batch 2 : 3 – 4 Februari 2025 || 12 – 13 Februari 2025 || 27 – 28 Februari 2025 Batch 3 : 5 – 6 Maret 2025 || 10 – 11 Maret 2025 || 19 – 20 Maret 2025 Batch 4 : 14 – 15 April 2025 || 23 – 24 April 2025 Batch 5 : 5 – 6 Mei 2025 || 14 – 15 Mei 2025 || 26 – 27 Mei 2025 Batch 6 : 2 – 3 Juni 2025 || 11 – 12 Juni 2025 || 18 – 19 Juni 2025 || 23 – 24 Juni 2025 Batch 7 : 2 – 3 Juli 2025 || 16 – 17 Juli 2025 || 30 – 31 Juli 2025 Batch 8 : 4 – 5 Agustus 2025 || 13 – 14 Agustus 2025 || 20 – 21 Agustus 2025 || 29 – 30 Agustus 2025 Batch 9 : 3 – 4 September 2025 || 10 – 11 September 2025 || 15 – 16 September 2025 || 24 – 25 September 2025 Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2025 || 13 – 14 Oktober 2025 || 22 – 23 Oktober 2025 Batch 11 : 3 – 4 November 2025 || 12 – 13 November 2025 || 19 – 20 November 2025 || 26 – 27 November 2025 Batch 12 : 1 – 2 Desember 2025 || 10 – 11 Desember 2025 || 17 – 18 Desember 2025 || 26 – 27 Desember 2025

LOKASI TRAINING

Kami memfasilitasi kegiatan pelatihan di selain di Kota Jakarta dan Yogyakarta. Kami juga tersedia di kota-kota berikut ;
  • Makassar
  • Batam
  • Bandung
  • Bali
  • Surabaya

FASILITAS TRAINING

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • FREE Bag or backpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2x Coffee Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *