TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONALDESKRIPSI TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Training Komunikasi Interpersonal sangat penting karena keterampilan komunikasi yang efektif adalah kunci untuk membangun hubungan kerja yang positif, mengatasi konflik, dan meningkatkan kolaborasi di lingkungan profesional. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik tidak hanya mempengaruhi produktivitas tim, tetapi juga memengaruhi kepuasan pelanggan dan kesuksesan organisasi secara keseluruhan. Pelatihan ini membantu peserta untuk memahami dan mengembangkan keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal, serta keterampilan mendengarkan aktif, yang semuanya krusial untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.
Pelatihan Interpersonal Communication Skills dirancang untuk memperkuat kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara efektif di berbagai situasi profesional. Program ini mencakup teknik-teknik komunikasi verbal dan non-verbal, serta keterampilan mendengarkan yang mendalam. Dengan metode pembelajaran yang interaktif, peserta akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan berbagai tipe individu, menangani konflik, dan membangun hubungan yang produktif. Pelatihan ini juga melibatkan studi kasus, role-playing, dan feedback langsung untuk memastikan peserta dapat menerapkan keterampilan yang dipelajari dalam situasi nyata.
TUJUAN TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
- Memahami proses komunikasi secara interpersonal
- Memahami hambatan komunikasi interpersonal
- Membangun komunikasi interpersonal secara efektif sehingga dapat menciptakan iklim kerja yang harmonis, sehat dan terbuka sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
- Mengembangkan keterampilan hubungan interpersonal dalam berhubungan dengan orang lain.
- Berkomunikasi dengan bijaksana dan persuasif, dengan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang-orang sepanjang waktu.
- Menyelesaikan konflik dan interaksi yang sulit dengan rekan/pelanggan dan orang lain secara profesional.
MATERI TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
- Konsep Interpersonal Skill
- Pengertian Interpersonal Skill & communications; berkomunikasi sesuai dengan lawan bicara.
- Formula komunikasi; SMCRE, pentingnya mengidentifikasi lawan bicara dan menyampaikan pesan yang tepat.
- 3V dalam bekromunikasi: vocal, verbal, visual (body language).
- Konsep & Proses Komunikasi Secara Umum
- Intrapersonal & Interpersonal Communication Skill
- Hambatan Proses Interpersonal Communication
- Komunikasi dan Usaha Memahami Orang
- Membangun Kepercayaan Dalam Proses Komunikasi Interpersonal
- Komunikasi Interpersonal dan Kerjasama Kelompok
- Powerfull active listening:
- Kemauan mendengarkan (volition)
- Memperhatikan (attending).
- Memahami (understanding): perbedaan persepsi, hambatan memahami, mengajukan pertanyaan yang tepat.
- Mengingat (memory)
- Memberi tanggapan (responding) dan umpan balik (feedback) yang tepat.
- Berkomunikasi secara lugas (assertiveness):
- Relationship; dasar berkomunikasi adalah menjalin hubungan, bukan hanya jangka pendek namun harus jangka panjang.
- Appreciation: menghargai lawan bicara dalam berkomunikasi.
- Asking: mengajukan permintaan atau meminta sesuatu dengan lugas.
- Self confidence: percaya diri untuk menunjang sukses berkomunikasi.
- Advocacy: memberikan kritik, saran, pendapat secara lugas.
- Pola Komunikasi Meningkatkan Hubungan – Pola Feedback
- Interpersonal Communication dengan Pola Perilaku Assertive (Bersikap Tegas)
- Dinamika komunikasi dalam menghadapi konflik (menghadapi lawan bicara yang “sulit”, agresif atau menuntut):
- Conflict management.
- Mendengarkan keluhan atau tuntutan seseorang.
- Mengatasi keluhan atau tuntutan seseorang secara win-win solution.
- Sesi Hipnoterapi
- Case Study dan praktek
PESERTA TRAINING KOMUNIKASI INTERPERSONAL
- Manajer tim.
- Pemimpin proyek.
- HRD dan pengelola SDM.
- Karyawan customer service.
- Staf administrasi dan operasional.
INSTRUKTUR
Training Manager Development Program yang diselenggarakan, akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidang Pajak Migas : Instruktur yang mengajar pelatihan Manager Development Program ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Manager dan Leadership ini baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.JADWAL BERDIKLAT TRAINING 2026
Batch 1 : 5 - 6 Januari 2026 || 14 – 15 Januari 2026 || 19 – 20 Januari 2026 || || 28 – 29 Januari 2026 Batch 2 : 2 – 3 Februari 2026 || 11 – 12 Februari 2026 || 18 – 19 Februari 2026 || 23 – 24 Februari 2026 Batch 3 : 4 – 5 Maret 2026 || 11 – 12 Maret 2026 || 25 – 26 Maret 2026 || 30 – 31 Maret 2026 Batch 4 : 6 – 7 April 2026 || 15 – 16 April 2026 || 20 – 21 April 2026 || 25 – 26 April 2026 Batch 5 : 4 – 5 Mei 2026 || 11 – 12 Mei 2026 || 20 – 21 Mei 2026 || 26 – 27 Mei 2026 Batch 6 : 3 – 4 Juni 2026 || 8 – 9 Juni 2026 || 15 – 16 Juni 2026 || 24 – 25 Juni 2026 Batch 7 : 1 – 2 Juli 2026 || 6 – 7 Juli 2026 || 15 – 16 Juli 2026 || 20 – 21 Juli 2026 || || 29 – 30 Juli 2026 Batch 8 : 3 – 4 Agustus 2026 || 12 – 13 Agustus 2026 || 19 – 20 Agustus 2026 || 27-28 Agustus 2026 Batch 9 : 2 – 3 September 2026 || 7 – 8 September 2026 || 16 – 17 September 2026 || 21 – 22 September 2026 Batch 10 : 7 – 8 Oktober 2026 || 12 – 13 Oktober 2026 || 21 – 22 Oktober 2026 || 26 – 27 Oktober 2026 Batch 11 : 4 – 5 November 2026 || 9 – 10 November 2026 || 18 – 19 November 2026 || 23 – 24 November 2026 Batch 12 : 2 – 3 Desember 2026 || 7 – 8 Desember 2026 || 16 – 17 Desember 2026 || 21 – 22 Desember 2026LOKASI TRAINING
Kami memfasilitasi kegiatan pelatihan di selain di Kota Jakarta dan Yogyakarta. Kami juga tersedia di kota-kota berikut ;- Makassar
- Batam
- Bandung
- Bali
- Surabaya
FASILITAS TRAINING
- Module / Handout
- Sertifikat
- FREE Bag or backpack (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2x Coffee Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
- Training room full AC and Multimedia
