TRAINING DISTRIBUTORSHIP MANAGEMENT
DESKRIPSI
Pelatihan Distributorship Management. Keluhan yang sering terjadi atas kerjasama penjualan lewat distributor oleh principal adalah rendahnya penjualan. Sementara itu distributor sering mengeluh profit yang diperoleh sangat minim, sedangkan principal terus berupaya agar distributor memiliki kinerja prima. Problema ini tidak pernah kunjung berhenti sebelum masing-masing mengetahui peran masing-masing secara mendalam.
Sementara itu sukses pemasaran suatu produk selain terletak pada banyaknya produk yang dibuat dan adanya support marketing oleh produsen, sebenarnya terletak juga di pundak distributor, bagaimana distributor bisa menjualnya, di saat daya beli konsumen menurun sekalipun. Distributor bisa exis bersama principal berpuluh-puluh tahun, kuncinya karena distributor bisa menerjemahkan kemauan principal. Tidaklah mudah mengikuti kemauan principal kalau distributor tidak memiliki manajemen yang cukup baik. Terutama Distributor yang berangkat dari trader (pemilik toko) sehingga dalam kerjasama dengan principal, distributor menganut manajemen toko, untuk meningkatkan penjualan tentunya principal menginginkan manajemen distributor cukup baik. Saat ini Principal juga berusaha membantu memperbaiki distributor trader menjadi distributor profesional. Inilah tantangan principal dan sekaligus peluang bagi trader (pemilik toko) untuk mengembangkan distributornya menjadi lebih baik. Namun apa yang dilakukan principal belum cukup memadai karena keterbatasan Sumberdaya principal. Sedangkan kesadaran untuk membantu memperbaiki kinerja distributor belum semua principal siap.
Tersedia kelas publik & in-house | Available Offline & Online
TUJUAN
- Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan
- Mengoptimalkan Distribusi
- Meningkatkan Keterampilan Penjualan
- Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
- Meningkatkan Efisiensi Operasional
MATERI
- PENDAHULUAN DISTRIBUTORSHIP MANAGEMENT
- Konsep Pemasaran dan strategi distribusi distributor
- Model-model Multy Distributor
- Latar belakang kerja sama Principal dan distributor
- Prospek Bisnis distributor
- Orientasi principal dan distributor dalam penjualan
- SALES FORCE MANAGEMENT PRINCIPAL VS DISTRIBUTOR
- Aplikasi Key performance indicator sales force
- Sistem remunerasi Sales force
- Reward & Punisment sales force
- Daya tarik dan alasan pemberian insentif sales force
- MAKSIMALISASI PENJUALAN DISTRIBUTOR MELALUI SALES TERRITORY MANAGEMENT
- Element sales territory management
- Jenis Channel Distribusi
- Mendesain Rute kunjungan
- Menghitung beban kerja sales force
- Sales Territory Vs Sales Prosses
- STRATEGI DISTRIBUTOR KELOLA PELANGGAN
- Bagaimana menangani komplain
- Memaksimalkan inti CRM ( Customer Relationship management)
- Mengukur kinerja distributor melalui Key Performance Indicator (KPI)
- Aplikasi dan contoh KPI distributor
- MENEKAN SHRINKAGE DAN MENINGKATKAN PROFIT DISTRIBUTOR
- Biaya-biaya distributor dan pengelompokannya
- Sebab-sebab shrinkage dan cara mengatasinya
- MENGELOLA ACCOUNT RECEIVABLE (AR) SALES FORCE DISTRIBUTOR
- Status Piutang penjualan
- Kelola AR melalui audit lapangan
- Problem setelah audit lapangan
- Penyebab piutang penjualan bermasalah
- Performance dan tanggung jawab sales force
- Mencegah piutang Bad debt

METODE TRAINING
Pelatihan ini menggunakan metode yang interaktif dan aplikatif, sehingga peserta dapat lebih mudah memahami materi. Instruktur berpengalaman akan menyampaikan materi secara sistematis, sementara peserta akan mengikuti diskusi kelompok untuk mendalami konsep. Selain itu, pelatihan ini juga mencakup simulasi serta studi kasus yang membantu peserta memahami penerapan konsep secara langsung dalam dunia kerja. Dengan pendekatan ini, mereka tidak hanya memperoleh wawasan teoretis, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
INSTRUKTUR TRAINING
Instruktur yang mengajar Training Distributorship Management ini adalah instruktur yang berkompeten , baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.JADWAL BERDIKLAT TRAINING 2025
- Batch 1 : 6 – 7 Januari 2025 || 15 – 16 Januari 2025 || 22 – 23 Januari 2025
- Batch 2 : 3 – 4 Februari 2025 || 12 – 13 Februari 2025 || 27 – 28 Februari 2025
- Batch 3 : 5 – 6 Maret 2025 || 10 – 11 Maret 2025 || 19 – 20 Maret 2025
- Batch 4 : 14 – 15 April 2025 || 23 – 24 April 2025
- Batch 5 : 5 – 6 Mei 2025 || 14 – 15 Mei 2025 || 26 – 27 Mei 2025
- Batch 6 : 2 – 3 Juni 2025 || 11 – 12 Juni 2025 || 18 – 19 Juni 2025 || 23 – 24 Juni 2025
- Batch 7 : 2 – 3 Juli 2025 || 16 – 17 Juli 2025 || 30 – 31 Juli 2025
- Batch 8 : 4 – 5 Agustus 2025 || 13 – 14 Agustus 2025 || 20 – 21 Agustus 2025 || 29 – 30 Agustus 2025
- Batch 9 : 3 – 4 September 2025 || 10 – 11 September 2025 || 15 – 16 September 2025 || 24 – 25 September 2025
- Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2025 || 13 – 14 Oktober 2025 || 22 – 23 Oktober 2025
- Batch 11 : 3 – 4 November 2025 || 12 – 13 November 2025 || 19 – 20 November 2025 || 26 – 27 November 2025
- Batch 12 : 1 – 2 Desember 2025 || 10 – 11 Desember 2025 || 17 – 18 Desember 2025 || 26 – 27 Desember 2025
- Yogyakarta
- Jakarta
- Bandung
- Bali
- Surabaya
- Batam
- Makassar
- Lombok
Ayo, jangan ragu lagi! Daftarkan segera dengan chat melalui pesan Whatsapp (Fast Respons). Dapatkan pengalaman terbaik dari tim trainer yang berkompeten.
FASILITAS TRAINING DISTRIBUTORSHIP MANAGEMENT
- Module / Handout
- Sertifikat
- FREE Bag or backpack (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2x coffee break & 1 lunch/dinner
- FREE Souvenir Exclusive
- Training room full AC and Multimedia